Tuesday, January 22, 2013

1 Gajah Mada Sang Pemersatu Bangsa


Mahapatih Gajah Mada
Lamun huwus kalah nusantara,
isun amukti palapa,
lamun kalah Gurun,
ring Seram, Tanjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik,
samana isun amukti palapa. “
(Majapahit, 1334)

Mungkin kita asing dengan kata-kata diatas, itulah bunyi dari sumpah seorang panglima besar jaman Majapahit yang disebut dengan “Sumpah Palapa”. Ya seorang panglima besar Majapahit yang bernama Mahapatih Gajah Mada telah mengangkat sumpah untuk tidak mengenyam kenikmatan dunia sebelum daerah-daerah dari Seram, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik tunduk dan patuh dibawah kekuasaan Majapahit.
Majapahit sebagai cikal-bakal Negara Kesatuan Republik Indonesia saat itu digambarkan mampu memberikan kepercayaan yang sangat besar pada seluruh rakyatnya untuk bersama-sama membangun rantai kepulauan yang sangat luas ini. Lantas adakah dari generasi bangsa Indonesia, yang notabene berasal dari kebesaran Majapahit kala itu mampu memikul beban tanggung jawab seperti Sang Mahapatih?
Kita mestinya peka kenapa bangsa ini semakin terpuruk dari hari ke hari. Karena semangat Sang Mahapatih telah pudar dari sanubari para pemimpin kita. Mereka sibuk dengan urusan politik yang tiada ujung pangkalnya. Berlomba membangun kekuasaan kroninya masing-masing, tanpa peduli pada apa yang mereka sumpahkan pada saat pelantikan.
Akankah ada Gajah Mada yang lain di era yang penuh carut marut ini?
Kami merindukan sosok seperti dirimu wahai Mahapatih……

1 comments:

  1. Kami rindu padamu Sang Mahapatih....
    B.J.Habiebie sang Mahapatih baru.....

    ReplyDelete

 

Anak Rantau.blogspot Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates